Friday, June 28, 2013

Apa Kelebihan dari Basis Data

Sebenarnya banyak bener manfaat yang terkandung di dalam basis data, nah apa saja manfaatnya :

- Kecepatan dan Kemudahan

   Loh Kok bisa cepat dan mudah kenapa ?, begini jawabannya dengan menggunakan basis data pengambilan informasi dapat dengan cepat dan mudah,yang berikutnya basis data mempunyai kemampuan dalam pengelompokkan bahkan perhitungan dengan matematika, dengan perancangan yang benar, maka penyajian informasi akan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

- Kebersamaan pemakai

     Maksudnya gimana nih kebersamaan pemakai maksudnya gimana nih !, ok sekarang begini jawabannya basis data bisa digunakan banyak user dan banyak aplikasi. Untuk data-data yang diperlukan oleh banyak bagian/orang tidak perlu lagi melakukan pencatatan di masing-masing bagian,tetapi cukup dengan satu basis data untuk dipakai bersamaan.

- Pemusatan Kontrol Data

 Dengan adanya Pemusatan Kontrol data maka diperlukan cuma satu basis data untuk banyak keperluan,pengontrolan terhadap data cukup dilakukan satu tempat saja.

- Efisiensi ruang penyimpanan

    Waduh-Waduh Pemusatan Kontrol Data, dengan pemakaian secara bersamaan, kita sangatlah tidak perlu menyediakan tempat penyimpanan di berbagai tempat. Cukup satu saja sehingga akan menghemat ruang penyimpanan yang dimiliki oleh sebuah organisasi . Dengan teknik perancangan basis data yang benar, maka kita bisa menyederhanakan penyimpanan sehingga tidak semua data harus disimpan.

- Keakuratan

  Penerapan secara ketat aturan tipe data, domain data, keunikan data, relasi (hubungan) antar data dan lain-lain,dapat menekan ketidakakuratan dalam penginputan/penyimpanan data.

- Ketersediaan

  Maksudnya begini dengan adanya basis data kita bisa melakukan backup data,memilah-milah data mana yang masih bisa di pergunakan,dan data mana yang perlu di simpan ke tempat lain. Hal ini perlu diingat bahwa data semakin lama semakin membesar secara otomatis diperlukan tempat penyimpanan yang lebih besar lagi.
- Kelengkapan
- Keamanan

   Kebanyakan DBMS dilengkapi dengan fasilitas manajemen pemakai. Pemakai diberikan hak untuk mengakses yang berbeda-beda sesuai dengan kepentingannya. 
- Kemudahan dalam pembuatan program aplikasi baru
- Pemakaian secara langsung
- Kebebasan Data
- User View


No comments: