Tuesday, July 2, 2013

Arsitektur Sistem Basis Data ada 3 Level

Sebenarnya arsitektur sistem basis data sudah memberikan kerangka kerja bagi para developer sistem basis data.terdapat 3 level arsitektur sistem basis data yaitu :

1. Level Fisik
2. Level Konseptual / Logika
3. Level Pandangan Pengguna (User View Level)/Eksternal

Saya Jelaskan Secara Satu Persatu
1. Level Fisk

Sebenarnya Level Fisik adalah level paling dasar (Paling Rendah) yang mengambarkan bagaimana data disimpan secara fisik
Contoh :
Kita mempunyai Data Pengawai. Pada Level Fisik data Pegawai dipandang dengan memperhatikan bahwa dalam data tersebut ada atribut Nama dan NIP yang disimpan pada media penyimpanan (Disk,Flash Disk dan Lain-Lain) sepanjang 30 byte.

2. Level Koseptual

 Pada Level Ini mengambarkan data apa saja yang disimpan di dalam basis data dan hubungan relasi yang akan terjadi antara data dari keseluruhan basis data.Para Pengguna tidak memperdulikan kerumitan dalam struktur level fisk lagi, pengambaran cukup dengan mengunakan kotak,garis, dan hubungan secukupnya. Pada Level ini desainer basis data membuat rancangan dalam bentuk model(diagram-diagram) saja.

3. Level Pandangan Pengguna (User View Level)/Eksternal 

Level Ini merupakan level abstraksi data tertinggi yang mengambarkan hanya sebagaian saja yang dilihat dan digunakan dari keseluruhan database. Dikarenakan Pengguna database tidak membutuhkan semua isi database, setiap user mempunyai bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhannya yaitu :
  • Programmer bahasa yang sering dipakai seperti VB,Delphi,C,Cobol,.Net atau PL/I
  • End User bahasa yang dipakai adalah bahasa query

Translate To English language

Database System Architecture existing Level 3

Actual architecture of database systems already provide a framework for developers data.terdapat 3 base system architecture level database system, namely:

1. Physical level

2. Conceptual Level / Logic

3. Level view of users (User View Level) / External

Describe me in one by one

1. level Fisk

Physical Level is actually the most basic level (Most Low) is a portrait of how the data is physically stored

example:

The data we have servants. At the Physical Level Data Employees deemed by observing that in these data there is an attribute name and NIP are stored on the storage media (Disk, Flash Disk, and Everything Else) 30 bytes long.

2. conceptual level

  At This Level portrait of what data is stored in a data base and a niche that will occur between the data of the entire user base data.Para not considering the level of complexity in the structure fisk again, simply by using delineation boxes, lines, and relationship to taste. At this level the database designer to make the design in the form of models (diagrams) alone.

3. Level view of users (User View Level) / External

This level is the highest level of data abstraction portrait only in part be seen and used of the entire database. Due to database users do not need all of the contents of the database, each user has a programming language based on their needs, namely:

  •      Programmers often use language like VB, Delphi, C, Cobol,. Net or PL / I
  •      End User language is spoken query language

No comments: